Rabu, 01 Mei 2013

Potensi Energi Penghasil Listrik di Sukabumi


Uraian Singkat
Kabupaten Sukabumi adalah salah satu kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Barat dan merupakan kabupaten terluas se-Jawa dan Bali dengan Luas 3.934,47 km2 dan memiliki penduduk sebesar 2.341.409 jiwa (Data BPS tahun 2010)


Pembangkit Listrik Kabupaten Sukabumi
Target Pemerintah untuk bisa menyediakan listrik sebesar 10000 MW menjadikan proyek pembangkit listrik sebagai salah satu proyek yang terus digenjot oleh pemerintah dan Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu target operasinya. Kabupaten Sukabumi sendiri merupakan kabupaten yang memiliki potensi sumber daya yang luar biasa, terutama dalam bidang energi dan listrik. Beberapa dari sumber energy tersebut ada yang sudah dimanfaatkan dan beberapa ada yang belum digunakan namun dalam waktu dekat direncanakan untuk segera dimanfaatkan. Berikut beberapa pembangkit listrik yang berada di Kabupaten Sukabumi :


PLTA Ubrug

 

Kabupaten Sukabumi sendiri memiliki beberapa pembangkit listrik dengan memanfaatkan setiap unsur kekayaan yang ada di kabupaten Sukabumi ini. Salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ubrug. PLTA Ubrug sendiri merupakan salah satu bangunan warisan dari penjajahan pada zaman Belanda.




Pembangkit Listrik Tenaga Air Ubrug mempunyai jumlah pembangkit 3 buah dengan kapasitas 18 megawatt, yang hasil aliran listriknya dialirkan ke daerah-daerah di Pulau Jawa dan Bali. Tegangannya dimulai dari 20 kilovolt, 50 kilovolt, 100 kilovolt hingga 150 kilovolt.



PLTU Pelabuhan Ratu

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pelabuhan Ratu yang memiliki kapasitas energi 350 megawatt dan mampu menyediakan pasokan listrik untuk wilayah Jawa dan Bali sampai dengan tahun 2020 nanti. Ke depanya PLTU Pelabuhan Ratu akan terus dikembangkan dan diharapkan dapat mencapai kapasitas 1050 megawatt.

Potensi Sumberdaya dan Energi Kabupaten Sukabumi.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) kini sedang mencanangkan target listrik sebesar 57 ribu megawatt untuk tahun 2016. Untuk mencapai target tersebut, PLN bekerjasama dengan pihak swasta dan pemerintah daerah berupaya untuk melakukan pembangunan pembangkit listrik di daerah – daerah dan salah satunya adalah Kabupaten Sukabumi. Selain beberapa pembangkit listrik yang sudah disebutkan di atas, Kabupaten Sukabumi sendiri sedang mengembangkan berbagai alternatif sumber daya yang dapat menghasilkan energi listrik. Beberapa proyek besar mulai bermunculan. Beberapa proyek berkaitan dengan pembangkit listrik di Sukabumi sebagai berikut : 

 Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB) 
Saat ini pemerintah sedang mengembangkan sebuah teknologi yang mampu mengubah tenaga angin menjadi energi listrik. Pada tahun 2011 kemarin, pemerintah mencanangkan melakukan uji coba pembangkit listrik tenaga bayu ini di 3 tempat dan salah satunya berada di Sukabumi. Dibutuhkan angin dengan kecepatan minimal 2-3 meter per detiknya yang akan menghasilkan listrik sebesar 9.268 Megawatt. Dengan adanya pembangkit listrik tenaga angin ini, biaya operasional akan jauh lebih murah ketimbang menggunakan diesel/ atau bahan bakar minyak dan batu bara

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Cisolok
Indonesia memiliki potensi panas bumi yang luar biasa dan 27% dari potensi tersebut berada di Jawa Barat. Oleh karena itu sebagai awal, akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Cisolok. PLTP ini ditargetkan mampu menyediakan pasokan listrik sekitar 45 megawatt dan bahkan bisa menembus angka 100 megawatt.

  
Pembangkit Listrik Tenaga Kotoran Sapi
Kabupaten Sukabumi bersama International Tropical Timber Organization (ITTO) saat ini tengah mengembangkan pengelolaan limbah sapi. Salah satunya adalah dengan menjadikanya sebagai sumber energi tenaga listrik. Setiap kotoran dari ekor sapi dapat menghasilkan listrik sebesar 50 watt. Dengan adanya pemanfaatan limbah kotoran sapi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan limbah yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Sukabumi
PLTMH adalah pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai penggeraknya. Untuk memberdayakan masyarakat kecil yang ada di Sukabumi, pemerintah menggalakkan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro ini. Setiap PLTMH ini memiliki kapasitas sebesar 50 kilowatt.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Tes